Rabu, 03 Agustus 2011

Makalah Kenakalan Remaja

KATA PENGANTAR

1. Syukur alhamdulillah kita panjatkan kepada tuhan yang maha kuasa karena rahmat dan hidayahnya tugas ini dapat terselesaikan dengan baik .
2. Kejahatan remaja kini semakin merajalela banyak kejadian – kejadian yang sering terjadi dalam lingkungan masyarakat, pembunuhan, pencurian, peredaran gelap narkoba dan sebagainya dan cara mengatasinya adalah tanggung jawab seluruh komponen bangsa dan kejadian ini sangatlah berbahaya.

Berdasarkan pemikiran tersebut kami mempersembahkan yang terbaik dengan sebuah buku yang berjudul " KENAKALAN REMAJA "


Panyabungan, 06 Maret 2010


Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I JENIS-JENIS KENAKALAN REMAJA
A. PEMAKAIAN NARKOBA DIKALANGAN REMAJA
B. MELAWAN KEPADA ORANG TUA
C. SELALU MEMBUAT GURU KESAL DAN SAKIT HATI

BAB II FAKTOR-FAKTOR KENAKALAN REMAJA
A. FAKTOR EKONOMI
B. FAKTOR LINGKUNGAN

BAB III SOLUSI MENGATASI KENAKALAN REMAJA
A. UPAYA PENCEGAHAN
B. NIAT DAN DOA
PENUTUP


BAB I
JENIS-JENIS KENAKALAN REMAJA

A. PEMAKAIAN NARKOBA DIKALANGAN REMAJA
Narkoba adalah : singkatan dari narkotika, psikotropika, bahan adiktif yaitu nama segala zat ilmiah. Tak satu sekolahpun sekarang ini bebas dari narkoba mulai dari tingkatan SD, SLTP, SLTA, sampai tingkat perguruan tinggi jelas disebut apa yang dikatakan narkoba. Penyebaran narkoba ini sepertinya sudah direncanakan secara matang oleh Bandar dan sindikat narkoba secara sistimatik.
Penyerbuan kekalangan muda berbagai sekolah dan perguruan tinggi begitu rapi. dan pengalaman puluhan tahun menghadapi siswa mulai dari tingkatan SD, SLTP, SLTA, sebagai guru sejak tahun 1960 hingga sekarang tidak habis-habisnya menyelesaikan masalah murid yang kedapatan menggunakan narkoba.
Pengguna narkoba sudah dimulai anak di usia dini, awal mulanya ini terjadi dimulai dari menghirup lem karet, bensin, tiner dan lain lain. Dari inilah asal mula anak meniti jalan menuju pintu kecanduan narkoba karena ketagihan mencium benda tersebut anak ingin sesuatu yang lebih asik dari benda tersebut yaitu narkoba.
Di tempat tempat lain seperti diskotik banyak ditemukan kalangan pemuda banyak mengkonsumsi dan mengedarkan narkoba, bahkan bila ia sudah sangat kecanduan dengan barang haram tersebut dan ia tidak dapat barang tersebut karena ketiadaan uang untuk membelinya dia tidak segan segan untuk mencuri, menjambret bahkan membunuh demi mendapatkan harta atau uang si korban untuk mendapatkan barang haram tersebut.
Menurut kapolres madina 90% dari kasus yang di tangani adalah kasus tentang narkoba di kalangan remaja.
Akibat reaksi bagi pengguna narkoba :
1. pemarah dan berlaku kasar
2. berani berbohong dan membohongi
3. selalu menyendiri dan bermalam malam di kamar mandi
4. selalu mengabaikan tugas
5. berani meminjam uang kepada siapa saja yang dikenalnaya.
6. tidak mau mendengarkan nasehat orang tua atau guru
7. percaya diri berlebihan
8. mudah melakukan tindakan criminal
9. pulang kerumah tidak mempunyai waktu tertentu
10. nafsu makan berkurang hingga badannya kurus
11. dasar agama tidak kuat
12. pengaruh{masyarakat lingkungan}
13. komunikasi antara orang tua dan anak sangat jarang
14. pergaulan dalam lingkungan sekolah atau kampus
15. budaya global yang masuk via elektronik, media cetak.

B. MELAWAN KEPADA ORANG TUA
Seorang anak melawan kepada orang tua adalah hal yang biasa kita jumpai dalam lingkungan masyarakat bukan? banyak anak anak melawan kepada orang tuanya hanya karena masalah sepele.
Contohnya adalah seorang ibu membentak sedikit anaknya karena anaknya selalu pulang sekolah terlalu lama, dan si anak pun memahami ibunya dan sampai sampai ibunya sakit hati karena perkataan anaknya tersebut. Pada kenyataannya ibunya melakukan itu karena ibu itu sangat menyayangi si anak.
Selain itu banyak anak meminta uang kepada orang tuanya dan berbagai macam alasan dan pada kenyataannya semua alasan yang mereka katakana itu adalah bohong.
Sianak melakukan hal itu agar mendapatkan uang lebih banyak dari orang tuanya, dan uang itu dibuat untuk kepentingan dirinya sendiri bahkan ia rela untuk membohongi orangtuanya untuk berhura hura hura dan bersenang senang dengan teman temannya dan itu merupakan kejadian yang sering kali terjadi khususnya di kalangan remaja.

C. SELALU MEMBUAT GURU KESAL DAN SAKIT HATI
Di sekolah sering sekali melawan dan membuat sakit hati gurunya, bila si guru menjelaskan pelajaran di depan kelas sering sekali murid melakukan berbagai macam ulah agar pelajaran tidak berlangsung dengan baik.
Contohnya :
 Seorang anak sering sekali meminjam berbagi peralatan belajar kesana kemari karena peralatan yang di butuhkan tidak disiapkan dari rumah dan merekapun saling lempar melempar peralatan tersebut, sehingga murid.
 murid yang lain terganggu karna ulah murid tersebut.
 Seorang murid sering sekali permisi dengan alasan ketoilet tapi apa kenyataannya malah ia pergi ke kantin dan merokok di belakang kelas atau kantin dan bila guru menasehatinya karena ia membuat kesalahan ia selalu membantah. nasehat gurunya dan menjelek-jelekan gurunya kepada teman-temannya .

BAB II
FAKTOR – FAKTOR KENAKALAN REMAJA

A. FAKTOR EKONOMI
Faktor ekonomi merupakan kenakalan remaja , seperti yang sering kita saksikan di tv, yang sering kita baca di media cetak dan yang sering kita dengarkan di radio, banyak sekali kita lihat atau saksikan di tv berbagi kejadian kriminal terjadi seperti: perampokan, penjamretan , bahkan pembunuhan, kebanyakan semua itu dilakukan karma ingin membutuhui kebutuhan hidup (untuk makan). kejadian ini tidak hanya terjadi pada kalang orang tua (sudah berkeluarga) namun kebanyakan kejadian itu dilakukan oleh kalangan remaja.

B . FAKTOR LINGKUNGAN .
Bukan hanya ekonomi yang menyebalkan kenakalan remaja terjadi di mana-mana tapi juga faktor lingkungan .
Contohnya : seorang anak yang bersekolah berteman dekat dengan yang tidak Bersekolah, maka bila sianak yang tidak bersekolah melakukaan Tindakan yang bertentangan dengan agama atau tindakan krimi Nal pasti si anak akan ikut-ikutan dengan temannya yang tdk bersekolah tsb .
Selain itu bila seorang anak melihat ada sesuatu yang baru (benda) dengan tetangganya Ia selalu ingin memiliki apa yang dimiliki tetangganya, dan ia pun meminta uang kepada seseorang tuanya, namun bila si orang tua belum sanggup untuk memberikan apa yang diminta anaknya, anak itu pun memarahi orang tuanya dan mengatakan perkataan yang tidak sewajarnya dikatakan seorang anak kepada orang tua, dan bahkan bila ia mencuri atau menjambret dijalanan demi mendapatkan apa yang diinginkannya .

BAB III
SOLUSI MENGATASI KENAKALAN REMAJA

A. UPAYA PENCEGAHAN
Adapun upaya pencegahanya adalah sebagai berikut :
a. berdoalah kepada yang maha kuasa agar mendapatkan ketenangan dan kesabaran dalam menghadapi berbagai macam musibah.
b. Jangan timbulkan rasa emosi jika sedang menghadapi sesuatu
c. Tanamkan dasar agama pada dirinya bahwa barang yang merusak diri dilarang agama
d. Tanamkan arti hidup di dunia bahwa hidup kita harus bermanfaat bagi seluruh ala mini, Kalau kita sendiri merana, ini merupakan bala bagi alam.
e. Tanamkan perlunya menjaga kesehatan karena penyalahgunaan Narkoba merusak jasmani dan rohani apalah arti lahir ke dunia bila kita menanggung derita. Menyusahkan keluarga dan sanak saudara.
f. Tanamkan kesadaran hukum, karma siapa yang menanam, menyiapkan, mengedarkan, menyalahgunakan. Atau memperjual belikan dihukum berat sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

B. NIAT DAN DOA
Setiap penyakit pasti ada obatnya dan didunia ini obat pertama adalah pencegahan. Niatkanlah dihatimu bahwa kamu akan bisa menjadi manusia yang lebih baik, berguna kepada yang maha kuasa.


PENUTUP

Demikianlah buku ini saya susun semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari buku ini dan kita menjadi manusia yang lebih baik dan berguna.

SARAN
 Jauhilah segala hal atau tindakan yang dilarang oleh agama karena itu akan membuatmu hidup sengsara dan tidak berguna.
 Jadilah manusia yang paling baik.
 Jangan biarkan dirimu dikuasai oleh hawa nafsumu.

Makalah Tentang Kenakalan Remaja lainnya Silakan Download Di Bawah ini :
1. Kenakalan Remaja
2. Kenakalan Remaja
3. Kenakalan Remaja


0 komentar:

Posting Komentar