Rabu, 04 Januari 2012

Makalah Tentang Manusia Sebagai Makhluk Sosial


BAB I
PENDAHULUAN

1.Latar Belakang
          Manusia pada hakikatnya adalah individu, mahkluk sosial dan makhluk ekonomi. Manusia sebagai makhluk individu adalah mahkluk yang selalu mementingkan diri sendiri. Manusia sebagai makhluk ekonomi adalah makhluk yang dalam memenuhi kebutuhannya selalu mempertimbangkan pengorbanan dan manfaat dari tindakannya. Manusia sebagai makhluk sosial adalah makhluk yang tidak dapat hidup sendiri dan tergantung pada orang lain. Manusia dicipakan Tuhan sebagai makhluk individu yang sekaligus juga sebagai makhluk social. Sepanjang perjalanan hidupnya manusia tidak pernah lepas dari kebutuhan. Seiring kehidupan manusia yang terus berjalan, kebutuhan manusia pun semakin bertambah. Semula hanya membutuhkn makanan dan minuman bertambah dengan kebutuhan lain, seperti pakaian, tempat tinggal, perabot rumah tangga, kenderaan bermotor, dan rumah mewah. Setelah kebutuhan yang satu terpenuhi, maka akan segera muncul kebutuhan yang lain. Disamping itu, sebagai makhluk ekonomi, manusia dalam memenuhi berbagai keinginan  selain mempertimbangkan pengorbanan dan manfaat dari tindakan yang dilakukannya, terkadang dalam upaya memenuhi berbagai keinginan tersebut manusia hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa menghiraukan kepentingan orang lain.

2.Permasalahan
            Berdasarkan latar belakang diatas, masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan.
  2. Apakah perilaku yang dilakukan manusia dalam bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  3.  
3.Tujuan Penulisan
            Makalah ini dimaksudkan untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan manusia dalam bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
 

BAB II
PEMBAHASAN

            Meskipun kebutuhan manusia cukup banyak (jenis dan jumlahnya), tetapi jika ditelusuri lebih seksama ternyata tiap orang mempunyai tingkat kebutuhan yang berbeda-beda.

A.  Faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan.
 1. Faktor Ekonomi
         Kondisi ekonomi seseorang sangat mempengaruhi tingkat kebutuhannya. Artinya, orang yang tingkat ekonominya tinggi (kaya) dengan orang yang tingkat ekonominya rendah (miskin) antara keduanya berbeda dalam memenuhi kebutuhannya. Orang kaya cenderung lebih banyak kebutuhannya dibandingkan dengan orang miskin.
 2. Faktor Lingkungan Sosial Budaya
         Faktor lingkungan sosial budaya sangat mempengaruhi cara hidup dan kebutuhan yang diingini oleh seseorang, misalnya, bagi penduduk asli maluku sagu adalah makanan pokoknya, bagi penduduk asli palembang makanan pokoknya nasi, sedangkan sagu hanya sebagai bahan pembuat pempek (makan kecil khas palembang). Selain dari hal diatas, lingkungan tempat tinggal dan pergaulan seseorang juga dapat mempengaruhi keinginannya untuk memenuhi kebutuhan.
 3. Faktor Fisik
         Kondisi fisik seseorang sangat mempengaruhi tingkat kebutuhannya. Dikatakan demikian, karena setiap sosok manusia diciptakan berbeda-beda. Ada laki-laki, ada perempuan, ada yang kurus, ada yang gemuk, ada yang pendek dan ada yang tinggi. Kesemua kondisi tersebut mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.
         Berdasarkan uraian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan  bahwa manusia adalah mahkluk ekonomi (homo economical). Disebut demikian, karena manusia dalam memenuhi kebutuhannya selalu membandingkan antara pengorbanan yang dilakukan dengan besarnya manfaat yang diterimanya dari pengorbanan tersebut.

Untuk Lebih lengkapnya silakan Download Disini

0 komentar:

Posting Komentar